Ambivert For Personality

Assalamualaikum wr.wb..
Apa kabar Butterflies..?. Baik kah? I hope it so. 

Nah, kali ini vira akan membahas tentang kepribadian. Yap, personality. Tapi, hanya satu kepibadian yang banyak menjurus disini yaitu kepribadian Ambivert karena sejujurnya, Vira adalah pemilik kepribadian itu. Eit, maksudnya salah satunya gitu loh... Sebelumnya, pasti ada yang nggak tau kepribadian jenis apakah Ambivert itu?. Atau pasti pernah denger yang dua temannya ini : EKSTROVERT and INTROVERT. Eh,tapi lebih baiknya saya jelasin sedikit aja kali ya tentang dua sekawan ini, baru deh nanti langsung mengulik-ulik si tokoh utama (ambivert). Oke, langsung aja! 

#INTROVERT 
Jelas-jelas huruf depannya itu IN, pasti udah nebak, deh. (In=dalam). So, Introvert itu adalah kepribadian seseorang yang cenderung dalam-dalam banget. What?. Introvert itu adalah kepribadian manusia yang lebih berkaitan dengan dunia dalam pikirannya sendiri. Dia gemar menyendiri, suka kesunyian, lebih banyak mikir daripada berbicara, dan mereka tu lebih suka berada di tempat yang tenang, jauh dari orang banyak. Bisa dibilang sih, si Introvert itu mempunyai dunianya sendiri. Dia susah bergaul sama orang banyak,bukan sombong sih, tapi ada berasa nggak pede aja. Menikmati waktu dengan kesendirian jauh lebih baik baginya. Ya, itulah si Introvert. 


#EKSTROVERT.
 EKS (luar). Ini kepribadian blak-blakan. Tipe ini lebih cenderung membuka diri dengan kehidupan luar. Tentunya menjadikan dia seorang yang gemar bekerja dan sedikit berpikir (Less think, do more). Hidupnya tu baru bisa dikatakan indah kalo udah bersama orang banyak, mau keluarga, temen, atau apalah sebagainya yang terus memberikan keramaian dalam hidupnya. Nah, si Ekstrovert ini kebanyakan senang beraktifitas dan percaya diri abis. Dia nggak sungkan-sungkan cerita tentang pengalamannya bahkan sampe khatam 1 buku tiap jam. Punya jiwa sosialisme tinggi membuat ia dicintai banyak orang. That’s all. 



Next, kita to the point aja sama si tengah-tengah: AMBIVERT.

Kenapa vira lebih tertarik membahas yang satu ini?. Because I am in it. So, vira seorang Ambivert high level. Suka kesendirian, suka juga keramaian, tapi tergantung situasi dan kondisi. Seorang Ambivert tau persis kapan dia harus bersikap introvert atau ekstrovert. Lebih jauhnya gini, Ambivert akan menjadi sosok yang paling multi tasking, yang paling aktif, yang paling jadi pusat perhatian disaat dia berada di kalangan para Introvert. Dia bakal dikenal sebagai individual yang membuat para introvert nggak saling diam seribu bahasa. Kebayang dong, gimana dalam satu kelompok yang orang-orangnya pada kalem, malu buat nyapa atau mulai duluan karena mereka punya persepsi masing-masing akan jadi seperti apa nantinya. Oleh karena itu, seorang Ambivert mempunyai peran khusus untuk menjadi media yang baik bagi Introvert. Lain lagi halnya bila si Ambivert ini berada diantara mereka-mereka yang Ekstrovert. Yang nggak bisa diam, becandaannya luar biasa, dikenal banget dilingkungannya, banyak berbicara, yang frankly abis. Disinilah sang Ambivert mulai berangsur-angsur berkurang perannya. Dia cenderung memilih diam, membiarkan para estrovert menguasai lingkungannya walaupun ia terkadang mengamati dan berbicara pada hal yang penting-penting saja. Seorang Ambivert nggak terlalu ambil pusing dengan sesuatu hal yang harus dijalani sendiri atau rame-rame. Baginya apa pun yang akan dilakukan akan nyaman dengan sendirinya apabila bisa menyesuaikan diri. Untuk soal berbagi pengalaman, mereka dengan tipe ini akan dengan senang hati menceritakan masa lalu dan hikmah yang pernah ia dapat kepada siapa saja asalkan mendapat respon yang baik. Sama halnya dengan orang-orang disekitarnya yang tidak ragu menjadikan ambivert sebagai partner curhat yang menguntungkan.



Oke, sekian dulu ya Butterflies. Mudah-mudahan bermanfaat. Satu rahasia udah diceritakan pada pepohonan pencemburu. Kabarnya, mereka amat tertarik dan menunggu rahasia berikutnya tentang kehidupan kita. So, nggak papa sih, agar kita bisa berteman baik. Eh, tapi Vira mau terbang lagi ke perbukitan nan hijau melambai-lambai. Lapar nih, butuh nektar dari bongkahan bunga bougenville yang sudah merayu-rayu dan berbicara tanpa suara. Kira-kira, mereka ikhlas gak ya? Kalo nektarnya ditinggalin seperempat lagi? :D. Terima Kasih !!

Wassalamu’alaikum wr.wb.... 


Note:
Anda akan menjadi apapun yang sering anda pikirkan mengenai diri anda. (john kehoe)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FISIOTERAPI PADA PENYAKIT JANTUNG KORONER